was successfully added to your cart.

Video Desain Interior Ruang Kantor Minimalis untuk Ruang Kecil dengan Inspirasi Micro Living oleh Konsultan Arsitektur Interior

Desain Interior Ruang Kantor Minimalis untuk Ruang Kecil

Desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil merupakan permasalahan desain yang kita hadapi sekarang ini. Keterbatasan ruang di perkotaan semakin lama semakin menjadi-jadi.

Mahalnya harga lahan dan ruang semakin hari semakin melonjak. Hal ini juga terjadi pada ruang kantor. Maka inspirasi micro living bukan hanya dapat diterapkan pada rumah tinggal saja, namun juga untuk desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil.

Maka kali ini konsultan arsitektur interior akan membahas inspirasi micro living untuk desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil.

Keterbatasan ruang bukanlah halangan bagi seorang konsultan arsitektur interior untuk mewujudkan desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil yang compact, multifungsi dan representatif.

Mengapa harus compact, multifungsi dan representatif?

Karena kami sebagai konsultan arsitektur interior harus mampu menyulap ruangan kecil yang terbatas menjadi ruang kantor minimalis yang mampu mengakomodir seluruh kegiatan kantor dalam ruanganan tersebut. Sungguh sangat menantang karena nyaris setiap centimeter yang ada diolah semaksimal mungkin.

Compact di sini maksudnya padat dan terpadu. Jadi ruangan kerja dimaksimalkan dengan penggunakan furniture yang tepat dan customize, yang khusus dibuat untuk ruangan tersebut. Padat di sini juga maksudnya adalah jangan sampai ada ruang yang terbuang sia-sia. Bukan berarti padat dengan furniture yang malah membuat ruangan terkesan sempit dan tidak nyaman.

Furniture didesain terpadu satu sama lain, didengan presisi tinggi dan dengan pemikiran serta pertimbangan yang matang. Sehingga setiap sudut ruang terasa maksimal penggunaannya. Selain itu juga diperlukan beberapa furniture multifungsi untuk menghemat penggunakaan tempat.

Misalnya ruang penerimaan tamu juga sebagai tempat diskusi tim atau diskusi dengan klien. Desainnya pun dibuat sedemikian rupa agar representative bagi klien yang datang. Konsep minimalis yang maksimal berusaha diwujudkan dalam desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil ini.

Ada beberapa tips inspirasi micro living untuk diterapkan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil ini:

  1. Tempat penyimpanan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Tempat penyimpanan sangat penting bagi desain interior ruang kantor minimalis pada ruang yang terbatas. Karena pada setiap kantor, banyak sekali dokumen, peralatan kerja hingga barang-barang yang memerlukan tempat penyimpanan, baik yang tertutup maupun terbuka.

Tempat penyimpanan ini dapat berupa lemari, rak terbuka maupun laci-laci. Setiap sudut ruangan dapat dibuatkan lemari penyimpanan yang disesuaikan dengan bentuk ruangnya. Seorang konsultan arsitektur interior harus mendesain meja kerja yang mampu mengakomodir segala kebutuhan dalam bekerja.

Misalnya permukaan meja yang leluasa untuk berkerja, laci-laci  penyimpanan sesuai kebutuhan, rak penyimpanan yang dimaksimalkan hingga plafon atas ruangan, kesemuanya termasuk mempertimbangkan kualitas materialnya, sehingga cukup awet untuk digunakan dalam beberapa tahun.

Untuk sentuhannya, kita dapat mengambil suatu tema yang unit untuk memperkuat desain kantor minimalis ini.

  1. Penataan furniture pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Penataan denah furniture ruangan kantor adalah salah satu kunci paling penting dari desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Hal ini terutama terletak pada penataan furniture yang harus mampu membuat alur yang nyaman dalam aktifitas bekerja dan berkreasi.

Penerangan yang cukup untuk bekerja, pengudaraan yang nyaman yang tidak terhalang oleh peletakan furniture dalam ruangan. Peletakan monitor computer yang tidak menyilaukan.

Beberapa titik mekanikal elektrikal, misalnya stop kontak yang memudahkan untuk bekerja dan meletakkan peralatan kerja yang menunjang pekerjaan. Kursi kerja yang nyaman, yang diletakkan sedemikian rupa sehingga memudahkan aktifitas bekerja dan bergerak.

Berikan focus desain sebagai obyek pengelihatan yang menarik yang memanjakan mata bagi karyawan dan tamu yang datang.

  1. Penambahan tempat penyimpanan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Hampir setiap kantor memerlukan tempat penyimpanan yang lebih. Terlebih lagi untuk desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Diperlukan solusi yang smart untuk memaksimalkan setiap centimeter pada ruangan yang ada.

Misalnya menggunakan bangku kecil yang bagian dalamnya ada tempat penyimpanannya, meja tamu yang bagian bawahnya dimaksimalkan untuk penyimpanan, tempat penyimpanan di sekeliling pintu atau bahkan mendesain background yang sebenarnya adalah lemari build in yang tingginya hingga ke plafon.

Manfaatkan desk organizer dan sejenisnya untuk merapikan alat-alat tulis kantor, dokumen, surat menyurat dan sebagainya.

  1. Pemilihan furniture yang tepat pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Pemilihan furniture juga tak kalah penting dalam desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Sebaiknya sebagian besar furniture memang dibuat khusus agar sesuai dengan kondisi dan situasi keterbatan ruang yang ada.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk kita membeli furniture jadi yang sesuai dengan kondisi ruang yang ada.  Misalnya kita ingin membeli meja kerja, maka pilihlah yang ukurannya sesuai, memiliki banyak penyimpanan dalam satu tempat, terlihat elegan dan professional, memiliki dua sisi sehingga dapat juga digunakan untuk meeting.

  1. Dekorasi ruangan yang tepat pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Dekorasi ruangan diperlukan untuk menciptakan suasana ruang yang menyenangkan, enak dan nyaman untuk bekerja. Ruangan yang fungsional bukan berarti tidak bisa didesain menjadi menarik dan menginspirasi.

Pilihakan suatu tema yang dapat memotivasi pekerjaan anda, merepresentasikan bidang usaha anda dan elegan untuk menerima klien bisnis anda.

Maksimalkan aksesoris ruangan yang juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan dan aksen menarik pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas milik anda

Baca juga:

Video micro living untuk desain rumah, apartemen dan kantor minimalis

%d bloggers like this: