Cart

Desain Jasa Arsitek Pada Bangunan Rumah Minimalis Dengan Beton Pracetak dan Cara Pemasangannya

Kemajuan teknologi dan tingginya permintaan akan hunian rumah yang siap huni menuntut akan semakin beragamnya konsep rumah cetak. Rumah beton minimalis ini akan menjadi rumah masa depan karena biaya rumah dari beton ini bisa ditekan ketika dibangun dengan volume yang besar. Konsep rumah pracetak kini mulai diminati pengembang karena kepraktisan tersebut. Namun harus di siapkan juga paket desain rumah beton yang siap bangun dimana nanti masyarakat akan tetap mempunyai peluang untuk memilih identitasnya masing masing melalui desain model rumah pracetak yang beragam tersebut. 

Rumah beton ini juga mempunyai desain tahan gempa dan mempunyai cara membangun merakit rumah beton pracetak yang berbeda dengan rumah konvensional. Nantinya rumah pracetak ini di harapkan tersedia di daerah seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, Bogor, Surabaya, Bandung, Medan, dan kota kota lainnya di Indonesia.

Struktur rumah pracetak, terdiri dari komponen-komponen struktur seperti balok, kolom, dan panel dinding, yang diproduksi terlebih dahulu dipabrik / workshop. Salah satu contoh struktur pracetak adalah, Rimae. Rimae merupakan bentuk struktur pracetak yang terdiri dari beberapa modul dan pengikat. Rimae juga merupakan penerapan ruspin dalam bentuk lain, dengan menambahkan beberapa modul perkuatan dibeberapa sambungannya. Sebelumnya, Ruspin kepanjangan dari Rumah Sistem Panel Instan merupakan teknologi pengembangan dari Teknologi RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), yang mana merupakan  perwujudan pembangunan rumah dengan sistem modular, yaitu konsep yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda.

Penggunaan modul beton pracetak ini memiliki beberapa keuntungan seperti, menghemat bahan baku kayu sampai 70% karena tidak menggunakan begesting untuk proses pengecoran. Selain itu dapat menghemat biaya tenaga kerja hingga 20% sehingga waktu pekerjaan lebih cepat. Karena tidak adanya pekerjaan pembuatan begesting tersebut, sehingga memangkas durasi pembangunan.

Dalam beton pracetak terdapat beberapa komponen struktur. Misalnya, dalam modul pracetak Rimae terdapat beberapa komponen, diantaranya adalah panel struktur, konektor dan pengunci.

1. Panel struktur

Panel Struktur digunakan untuk sloof, kolom, dan balok panel, dengan ukuran modular, P150 (30×150), P120 (30×120), P90 (30×90), P60 (30×60), P30 (30×30).

Gambar Contoh Jenis Panel Beton Pracetak

2. Konektor

Konektor digunakan untuk menyambungkan antara panel struktrur yang satu dengan yang lainnya, yang mana befungsi untuk menyambungkan kolom ke sloof atau ringbalok, dan juga antar kolom satu dengan yang lain.

Gambar Contoh Jenis Konektor Beton Pracetak

3. Pengunci

Pengunci memiliki fungsi yakni menambah kekuatan pada rangkaian panel struktur, dan mengikat sambungan antara modul panel struktur. Misalnya pada panel struktur, terdapat sambungan antara P150 dengan P120. Pada sambungan tersebut, dapat digunakan pengunci untuk mengikat dan memperkuat sambungan. Pengunci ini juga dapat digunakan pada sambungan antara sloof dangan kolom, dan juga pada kolom dengan ringbalok.

Gambar Contoh Jenis Pengunci Beton Pracetak
Gambar Proses Pemasangan Struktur Beton Pracetak

Setelah struktur telah selesai di rakit, barulah panel, konektor dan pengunci di pasang sesuai desain yg kita rencanakan sebelumnya. Setelah modul di tentukan oleh jasa arsitek rumah pracetak beton barulah arsitek mengeluarkan gambar rencana panel dari beton tersebut.

Gambar Rencana Panel Beton Pracetak

Lihat Proyek Kami Yang Sejenis :

Jasa Arsitek Rumah Minimalis Di Pemukiman Padat Jakarta

Jasa Desain Interior Rumah Gaya Scandinavian di JABODETABEK Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi

Desain Interior Kamar Tidur Ukuran Kecil Terbaru Yang Sederhana Cantik dan Elegan di Serpong

Desain Interior Dekorasi Rumah Minimalis Pada Kamar Tidur di perumahan Paramount Serpong

Jasa Arsitek Rumah Minimalis Tipe 150 di Jl Veteran Bintaro Jakarta

Desain Interior Ruang Keluarga dan Tamu Pada Rumah Kecil Tipe 50

Desain Rumah Minimalis di Jakarta Barat

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Type 160 200, Vassa Residence Lippo Versi Tampak 2

desain rumah minimalis 2 latai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Type 150 200, Vassa Residence Lippo Versi Tampak 1

ELYSIUM GARDEN TYPE 100

Desain Rumah Minimalis di Elysium Garden Tipe 100

Desain Rumah Minimalis di Elysium Garden Tipe 60

Desain Site Plan, Desain Gerbang dan Desain Rumah Town House Narawangsa Residence

Desain Perumahan di Paramount Serpong

Desain Rumah Tipe 70 dan Pengembangannya ke Tipe 100, Oleaster Paramount

Lihat Juga :

Baca Juga :

March 23, 2022 in Tips Arsitektur Interior

Penerapan Desain Rumah 2 Lantai Dengan Menggunakan Beton Pracetak

Overview Project Design Rumah 2 Lantai  Concept  Modern Minimalis Jumlah Lantai  2 LantaiKali ini kami mencoba mengeksplor beton pracetak lebih dalam dengan membuat beberapa opsi design hunian yang lebih fleksibel…
Read More
March 14, 2022 in Tips Arsitektur Interior

Desain Rumah Pracetak Beton Yang Tetap Keren

Penerapan beton pracetak memberikan jalan terang bagi dunia konstruksi. Dengan harga yang lebih terjangkau, modul beton pracetak memberikan opsi lain untuk orang-orang yang ingin membangun atau merenovasi rumah dengan budget…
Read More
February 28, 2022 in Tips Arsitektur Interior

Desain Jasa Arsitek Pada Bangunan Rumah Minimalis Dengan Beton Pracetak dan Cara Pemasangannya

Kemajuan teknologi dan tingginya permintaan akan hunian rumah yang siap huni menuntut akan semakin beragamnya konsep rumah cetak. Rumah beton minimalis ini akan menjadi rumah masa depan karena biaya rumah…
Read More
February 14, 2022 in Tips Arsitektur Interior

Desain Rumah Kecil Di Lahan Sempit Dengan Luas Tanah Di Bawah 60 M2 Yang Hemat Energi

Area Disain Rumah Kecil Di Lahan Terbatas, Terlihat Lokasi Di apit Rumah 1 lantai dan 2 lantai Kebutuhan akan rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap…
Read More
April 2, 2019 in Tips Arsitektur Interior

Tips Cara Renovasi Rumah Lama Dengan Biaya Murah

Sudah bosan dengan suasana rumah sekarang? Atau penataan rumah Anda sudah ketinggalan zaman? Pernah terpikir jika mungkin rumah Anda perlu ditata ulang? Mungkin inilah saat yang tepat untuk Anda melakukan…
Read More

Leave a Reply

%d bloggers like this: