Jasa Interior Konsultan Desain Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

LOKASI JAKARTA, JASA KONSULTAN INTERIOR KLINIK, LUAS 300 M2

Inilah salah karya desain interior kami dalam mendesain Interior Klinik Gigi. Jasa Desain Interior Klinik ini menggunakan jasa desain konseptual desain interior. Untuk melihat biaya fee desain ruko minimalis silahkan cek di paket desain kami.

Bagi anak-anak, mengunjungi klinik gigi adalah salah satu hal yang menakutkan. Mungkin karena takut disuntik atau karena tidak nyaman dengan berbagai peralatan yang dimiliki serta aroma steril yang ditimbulkan dari peralatan tersebut. Namun yang lebih ditakuti adalah ruang tindakan dokter gigi, karena melihat pasien yang meringis menahan nyeri namun ada juga pasien anak-anak yang didapati sedang menjerit-jerit ketakutan.

Untuk menyiasati agar anak-anak tidak takut dan merasa nyaman setiap kali memeriksakan giginya, desain interior ruangan harus diatur sedemikian rupa. Ada beberapa klinik gigi yang mendekorasi interiornya dengan ekstrim agar suasananya lebih akrab untuk anak-anak. Salah satunya klinik gigi yang tidak asing bagi kita yaitu OMDC.

OMDC yang kita kenal ini memiliki cabang diberbagai wilayah Jakarta dan Bogor. Masing-masing klinik OMDC ini memiliki tema klinik atau tema ruangan yang berbeda-beda. Salah satunya tema yang dimiliki adalah “Beauty Saloon and Babershop”. Style atau gaya ruangan yang diarahkan pada Retro-Vintage, Retro adalah gaya popular yang berkembang antara tahun 1930 hingga tahun 1970-an. Ciri khasnya adalah sifatnya yang atraktif. Tujuan penggunaan dari desain retro ini adalah untuk memberikan sentuhan klasik pada ruangan atau memang untuk memunculkan memori yang berkaitan dengan gaya-gaya yang berkembang pada masa itu. Gaya retro ini dipilih karena berkaitan dengan artis iconik thn 50-an yg identik dengan style & gaya rambut pada masanya.

Konsep

barbershop retro design

Identik dengan pemilihan warna yg berani dan centil seperti shocking pink, merah, kuning. Setiap sudut bentuk furniturnya memiliki ujung yg tumpul/melengkung.

Untuk mempermudah membuat tema tersebut dengan gaya Retro, maka dibuatlah sebuah moodboard, yaitu media panduan desain. Media yang digunakan dapat berupa karton dan papan kayu tipis yang nantinya akan ditempelkan kumpulan gambar, foto-foto, yang memuat suasana, warna dan tema sehingga terbayang akan seperti apa hasil desainnya.

Berdasarkan analisis dan pematangan konsep “Beauty Saloon and Babershop” dengan tema Retro , maka tampak atau look dari klinik gigi OMDC tersebut sebagai berikut :

Gambar 3d perspektif  reception di Desain Interior Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

Gambar diatas merupakan area tunggu pasien. Dengan nuansa yang aktraktif, kesan ruang yang ditimbulkan fun dan cheerful, sehingga pasien seakan dibuat lupa bahwa tempat tersebut merupakan klinik gigi. Sambil menunggu antrian, pasien dapat berswafoto pada ruang tunggu tersebut, karena interiornya dapat dibilang instagramable. Selain dapat berswafoto pada ruang tunggu, klinik tersebut memiliki photobooth yang terletak dibalik poster “VIP Stage door entrance”

Hal yang berbeda dari photobooth ini adalah menggunakan tema up-side-down. Pasien yang befoto disini seakan-akan terbalik. Sehingga foto yang dihasilkan lebih aktraktif dan memiliki kesan tersendiri.

Gambar 3d perspektif  area tunggu yang dapat digunakan untuk selfie di Desain Interior Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

Kami tarik mundur pembahasan sebelum membangun atau terciptanya sebuah klinik gigi, banyak hal yang mesti diperhatikan. Pasien dental di Indonesia memiliki banyak pilihan klinik untuk dikunjungi. Factor pembanding yang pasien perhatikan adalah kualitas dokter gigi, kualitas pelayanan dan juga kualitas klinik dokter gigi. Desain klinik yang baik adalah strategi tepat yang dapat menarik pasien dan menjadikan mereka pelanggan setia klinik. Dalam kenyataannya, pasien sering menilai kualitas perawatan dari penampilan klinik. Ada beberapa point penting dalam desain yang harus dimiliki klinik gigi, antara lain :

point penting dalam desain

Klinik Gigi

Utamakan Dokter Gigi dan Pasien

Dokter gigi dan pasien adalah orang terpenting dalam klinik. Beberapa klinik sering tidak mendesain kliniknya dengan bersumbu pada “human centered design”, ergonomic dan estetika. Dua tolok ukur yang harus tercapai adalah efisiensi dan kenyamanan dokter gigi serta pasien. Permasalahan yang sering terjadi meliputi, keterbatasan ruang, klinik berkembang secara berkala sehingga harus tambal sulam, sangat sibuk sehingga tidak sempat berbenah, dll. Hal ini diperparah dengan tidak adanya arsitek ataupun interior desainer yang mengkhususkan diri dalam klinik gigi di Indonesia.
Saat melakukan survey klinik gigi milik klien Kami, tentunya Kami mengadakan beberapa pertanyaan dan mengamati “customer behavior”. Dari hasil pengamatan kami, munculnya pernyataan-pernyataan dari klien (dokter gigi dan staf) dan pasien, antara lain :
-Pasien
“Ruangan sumpek bikin Saya tidak nyaman berlama-lama di klinik dokter gigi”
“Bagaimana mau tidak takut kalau melihat alat-alat yang aneh dan mendengar bunyi yang menyakitkan telinga? Belum di bur saja Saya sudah takut”
“Dokter gigi seharusnya sadar dong, kita sering menunggu lama. Kalau ruang tunggunya dingin dan banyak bacaan, pasti menyenangkan”

Kesimpulan : Pasien peduli pada penampilan, tata ruang dan desain interior dari klinik tersebut. Buatlah desain klinik yang mementingkan aspek kenyamanan pasien.

-Dokter Gigi & Staf
“Sebagai perawat baru, saya bingung sekali menemukan barang-barang kebutuhan klinik. Kerapihan dan labelling laci pasti membantu kerja Saya.”
“Layout klinik yang tidak ditata sesuai gerak tubuh rutin membuat saya harus banyak bergerak. Banyak waktu yang terbuang karenanya.”

Kesimpulan : Dokter gigi dan staf akan memperoleh keuntungan dari desain klinik yang tidak hanya cantik namun ergonomis dan teratur layout-nya

Konfigurasi dan Denah Ruangan adalah Faktor Terpenting

Tentukan prioritas kebutuhan Anda agar luas ruangan tidak terbuang percuma. Apabila luas area terbatas, prioritaskan luas ruangan terbesar untuk area perawatan. Luas ruang tunggu dan kamar mandi yang kecil dapat dikompensasikan dengan desain unik yang membuat pasien nyaman.
Perencanaan tata ruang harus terfokus pada aktifitas yang akan dilakukan pada pasien, oleh asisten dan dokter gigi. Tata ruang harus membentuk kondisi kerja yang optimal. Pikirkan flow gerakan customer, dari mensterilkan alat, duduk dan menjelaskan treatment plan pada pasien, di mana harus meletakkan dental chair, dll. Tujuan perencanaan dan penempatan alat sesuai flow aktifitas ditujukan agar ada cukup ruangan untuk dokter gigi dan asistennya sehingga gerakan dapat dilakukan secara ergonomis dan alami. Jangan sampai ruwetnya penataan ruang menyebabkan dokter gigi dan asisten saling menghalangi ruang gerak partnernya.

Infrastruktur penunjang harus cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional

Perhatikan perkiraan kebutuhan kapasitas air, udara dan kapasitas listrik di klinik. Pastikan pencahayaan ruang memadai untuk menjaga kesehatan mata.

Pilih alat-alat dan produk interior yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pikirkan kebutuhan operasional Anda sebelum melakukan pembelian dental unit instrument dan peralatan lainnya. Berinvestasilah dengan membeli hanya dari penjual ternama dan minta masukan staf penjual tentang kualitas barang yang Anda beli.

Persiapkan desain klinik Anda untuk menunjang perkembangan klinik

Apabila Anda memiliki gedung atau area yang lebih luas lebih baik persiapkan secara dini desain untuk pengembangan klinik. Siapkan saluran air dan pembuangan untuk area-area yang berpotensial menjadi ruang tambahan. Anda dapat memilih untuk memasang tembok saat ruangan itu akan dibutuhkan ataupun menggunakan partisi. Persiapan ini dapat mengurangi biaya perombakan dan renovasi besar-besaran. Namun, jangan terburu-buru mengisi ruangan ini sampai Anda benar-benar yakin akan membutuhkannya.

Gambar 3d perspektif  area tunggu yang dapat digunakan untuk selfie di Desain Interior Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

Gambar 3d perspektif  area tunggu yang dapat digunakan untuk selfie di Desain Interior Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

Estimasi budget konstruksi

Meskipun Kami menyarankan renovasi dan pembaruan klinik secara berkala, jangan lupa untuk membuat budget yang sesuai dengan kemampuan Anda. Bandingkan proposal yang diberikan oleh beberapa pemborong maupun tukang dan penjaga agar proyek pembaruan klinik tersebut tidak over-budget.

Harus steril, tidak berarti kaku dan formal

Lihatlah contoh klinik gigi OMDC disemua cabang, klinik-klinik tersebut memiliki tema interior yang berbeda, ada yang Beauty Saloon and Babershop, Boutique, dsb di dekorasi sesuai tema, dengan nuansa unik dan permainan warna yang menarik. Sehingga pasien merasa lebih tenang saat berada di klinik gigi yang steril namun berkesan hangat.

Edukasi pasien Anda

Pasien Anda tidak hanya mengunjungi Anda untuk menyelesaikan masalah dentalnya, namun juga untuk mendapatkan advise edukasi dari dokter gigi. Gunakanlah poster-poster untuk mengedukasi pasien. Jangan lupa, Anda juga dapat mendesain display untuk memamerkan alat-alat dental seperti sterilisator canggih kepada pasien. Bantu pasien untuk mengerti bahwa klinik Anda terpecaya dalam menjaga sterilnya alat-alat yang digunakan dan pasien akan merasa terlibat dalam treatment mereka dan akan makin menyukai klinik Anda. Anda dapat juga memajang produk-produk seperti Aquapick oral irrigator maupun GC tooth mousse secara menarik agar pasien tertarik bertanya dan membeli.

Jangan membuat pasien takut

Kesalahan terbesar dokter gigi adalah tidak menyadari bahwa pasien sebagian besar tidak menikmati experience dental treatment mereka. Lupakanlah penggunaan gambar-gambar seperti yang dicontohkan dalam poster-poster di klinik.

Berikan sarana penunjang bagi pasien Anda

Meletakkan TV di atas dental unit dapat menghibur pasien. Penggunaan wallpaper yang menarik didepan dental unit dapat mendistraksi pasien dari rasa sakit. Penempatan tanaman penghias meningkatkan kenyamanan pasien. Jangan lupa untuk mempersiapkan sarana penunjang lain seperti AC dan pencahayaan yang baik.

Lihat Proyek Kami Yang Sejenis :

Jasa Interior Konsultan Desain Klinik Gigi OMDC Dengan Konsep Baru dan Unik di Jakarta

March 4, 2020

Desain Interior Klinik Khusus THT di Jakarta

August 22, 2017

Desain Arsitek Kantor dan Klinik di Pasar Minggu Jakarta Selatan

March 26, 2017

Desain Klinik Gigi dan Klinik Umum di Jalan Sudirman Jakarta

November 9, 2016

Desain Interior Klinik Medexs

November 1, 2016

Lihat Juga :

Baca Juga :

April 2, 2019 in Tips Arsitektur Interior

Tips Cara Renovasi Rumah Lama Dengan Biaya Murah

Sudah bosan dengan suasana rumah sekarang? Atau penataan rumah Anda sudah ketinggalan zaman? Pernah terpikir jika mungkin rumah Anda perlu ditata ulang? Mungkin inilah saat yang tepat untuk Anda melakukan…
Read More
March 26, 2019 in Arch & Interior News Update, Tips Arsitektur Interior

Tips Renovasi Rumah Type Kecil Menjadi Rumah Besar 2 Lantai

Bila anda sedang bingung bagaimana cara renovasi rumah kecil atau renovasi rumah mungil, renovasi rumah kecil minimalis, atau cara renovasi rumah kecil. Berikut ini akan kami share salah satu proyek yang…
Read More
March 12, 2019 in Tips Arsitektur Interior

Pengaruh Warna pada Arsitektur dan Interior Ruangan

Warna tidak diaplikasikan secara acak ketika kita berbicara tentang warna desain interior. Pada pandangan pertama, kita mungkin berpikir bahwa sangat mudah untuk memilih warna untuk ruang tamu misalkan, atau untuk…
Read More
March 5, 2019 in Tips Arsitektur Interior

Tips Membuat Desain Café Coffee Shop Bertema Skandinavia di Era Milenial

Mungkin saat ini banyak pertanyaan dalam benak anda, salah satunya mungkin bagaimana cara membuat desain cafe murah, desain cafe klasik, desain cafe kopi, desain cafe minimalis rumahan, desain cafe kopi…
Read More
February 26, 2019 in Tips Arsitektur Interior

12 Ide Untuk Desain Nomor Rumah atau Nomor Apartemen Anda (2)

Contoh desain nomor apartemen atau kost dengan metoda bayangan. (Images Pinterest)   Setelah kami pernah membahas tentang 10 ide untuk nomor rumah anda beberapa waktu lalu, kini kami coba mengupdate…
Read More

Leave a Reply