was successfully added to your cart.

Tren Konsep Micro Living, Ide Kreatif Rumah Kecil, Pemanfaatan Ruang Terbatas dengan kreativitas serta inovasi desain yang luar biasa. Tren Konsep Micro Living. Konsep micro living ini sedang menjadi tren di dunia terutama di daerah barat seperti Amerika dan Australia. Tetapi di Asia seperti di Jepang dan Hongkong juga, konsep micro living ide kreatif rumah kecil semakin booming. Tak lama lagi tentunya di Indonesia, tren micro living ide kreatif rumah kecil akan masuk dan berkembang dengan cepat.

Apakah Konsep Micro Living itu?

Konsep micro living ide kreatif rumah kecil adalah pengembangan dari konsep hunian kecil di daerah urban atau perkotaan, yang menawarkan banyak pilihan pemanfaatan fungsi ruang. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan ruang masyarakat urban yang dinamis dan bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Tantangan utama dari konsep micro living ide kreatif rumah kecil ini adalah sangat terbatasnya lahan dan ruang di daerah perkotaan untuk dijadikan sebagai tempat hunian maupun fungsi bangunan lainnya. Terlebih lagi harga properti yang sangat tinggi, membuat orang sulit untuk membeli properti dengan harga yang terjangkau. Jika dapat dibeli pun, luas ruangan yang dapat dibeli semakin kecil saja setiap tahunnya. Misalnya rumah tinggal biasa, town house, apartemen, kondominium, rusun, rusunawa, kontrakan, tempat kost dan tempat hunian lain sejenisnya.

Sebagai gambaran, ukuran hunian micro living pada hunian rumah tinggal mulai dari 20m2 yang setara dengan tipe 21. Untuk apartemen ukurannya dapat lebih kecil lagi, yaitu mulai dari sekitar 10m2. Dengan ukuran yang kecil itu, tidak seperti desain rumah kecil dan apartemen studio pada umumnya. Biasanya desainnya hanya sebatas tempat tidur, sofa dengan meja kecil dan dapur dengan sink kecil.

Sedangkan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil dirancang sehingga ruangan yang terbatas tersebut memiliki sebuah ruang tidur, bahkan untuk orang tua dan dua anak sekaligus, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan hingga dapur yang dilengkapi dengan kitchen set. Belum lagi ada tempat-tempat penyimpanan barang yang tidak biasa yang mampu menambah kapasitas penyimpanan dalam ruangan. Pemanfaatan ruang terbatas dengan kreativitas serta inovasi desain yang luar biasa dikerahkan untuk mewujudkan keseluruhan fungsi ruang-ruang tersebut dalam keterbatasan ruang yang ada.

Awalnya konsep micro living ide kreatif rumah kecil ini dimulai dari konsep micro apartment, yang memiliki satu ruangan yang mampu memenuhi seluruh fungsi kegiatan hunian dalam satu tempat. Hunian ini memiliki ruang duduk, ruang tidur, kamar mandi dan dapur. Ukurannya berkisar antara 4 hingga 10 m2. Kalau dilihat dari penjelasannya, gambarannya adalah seperti apartemen studio dengan ukuran yang super kecil.

Ide Kreatif Rumah Kecil

Ide kreatif rumah kecil. Ukuran ruangan yang yang sedemikian kecil dan terbatas ini, membuat para konsultan arsitektur, konsultan interior, konsultan desain dan interior decorator  memeras otak untuk mewujudkan berbagai solusi ruang berupa ide-ide kreatif rumah kecil, yang mampu mewujudkan berbagai fungsi ruang dalam ukuran ruang yang super super kecil ini.

Ide kreatif rumah kecil bukan sekedar memperkecil ukuran furniture yang ada, menggunakan furniture yang ukurannya kecil-kecil, berwarna terang dan tips-tips untuk rumah kecil biasa. Karena tips-tips biasa, tidaklah mampu memberikan solusi pemanfaatan ruang yang maksimal untuk ruang yang sangat kecil dan terbatas. Untuk menangani ruang jenis ini dibutuhkan ide kreatif dan inovasi desain yang smart atau pintar, dapat diterapkan dan dengan harga yang terjangkau. Walaupun harus diakui, investasi desain dengan harga yang lebih tinggi dapat menghasilkan pemanfaatan ruang yang lebih efisien, maksimal dan representatif.

Pemanfaatan Ruang Terbatas dengan kreativitas serta inovasi desain yang luar biasa

Pemanfaatan ruang dalam konsep micro living, ide kreatif rumah kecil ini adalah pemanfaatan dengan skala sangat kecil yaitu dicermati hingga nyaris ke setiap sentimeter ruangan yang ada. Sebisa mungkin, tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Ruang yang biasanya disia-siakan seperti bawah tangga, sudut ruangan, bawah tempat tidur, ruang di atas plafon, setiap senti dinding kosong, semua di desain dengan cermat, sehingga pemanfaatannya dapat optimal hingga maksimal.

Hal ini bukan berarti ruangan anda akan penuh luar biasa, namun dengan pertimbangan dari berbagai sisi menggunakan konsep micro living ide kreatif rumah kecil, maka sisa-sisa ruang yang ada akan dimaksimalkan penggunaannya dengan cara yang baik, indah dan tetap nyaman digunakan.

Penggunaan furniture multifungsi sangat direkomendasikan untuk konsep micro living ide kreatif rumah kecil ini. Semakin banyak fungsinya semakin baik dengan tetap memperhatikan segi kemudahan dalam pemakaian dan tentu saja harga yang terjangkau. Misalnya saja sofa yang dapat difungsikan sebagai tempat duduk pada siang hari dan tempat tidur pada malam hari, bahkan dapat dilipat vertikal untuk mendapatkan ruang yang lebih luas lagi untuk fungsi ruang yang lain.

Furniture compact di ide kreatif rumah kecil bukanlah sekedar ukurannya yang kecil, namun bentuk dan ukurannya tidak memakan tempat, dapat dilipat atau dibuat lebih kecil sehingga dapat banyak menghemat ruangan tanpa mengorbankan fungsinya.

Ada hal menarik lagi dalam tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil, pemanfaatan ruang terbatas dengan kreativitas serta inovasi desain yang luar biasa. Hal yang dimaksud adalah furniture dengan inovasi yang dasyat. Misalnya lemari multi fungsi yang berisi lemari pakaian, rak buku, meja kerja, tangga naik ke atas, dapur kecil, hingga meja makan lengkap dengan kursinya.

Bangku kecil yang dapat berubah menjadi coffe table lengkap dengan 4 kursinya.

Tangga yang setiap anak tangganya difungsikan sebagai laci dan banyak inovasi-inovasi desain ide kreatif rumah kecil dasyat lainnya.

7 Faktor Pertimbangan lain yang penting untuk diterapkan pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, yaitu:

  1. Faktor Pengudaraan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Rumah kecil pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, bukan berarti harus pengap dan membuat sesak nafas penggunanya. Faktor pengudaraan merupakan salah satu faktor terpenting yang di desain dan dipikirkan dengan matang.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Sedapat mungkin setiap ruangan terutama kamar dan ruang keluarga memiliki akses bukaan jendela yang dapat memasukkan udara segar ke dalam ruangan. Jika tidak memungkinkan, maka pengudaraan akan dibantu dengan pemasangan exhaust pada titik-titik tertentu untuk memastikan aliran udara dapat mengalir dengan baik.

  1. Faktor pencahayaan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Faktor pencahayaan juga termasuk faktor yang penting dalam mendesain rumah kecil dengan konsep micro living ide kreatif rumah kecil. Bukaan jendela untuk pengudaraan sekaligus dapat memasukkan cahaya ke dalam ruangan.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Jika kurang, penggunaan genteng kaca untuk memasukkan cahaya matahari ke dalam rumah dapat dilakukan.

  1. Faktor Kesehatan dan Kebersihan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Faktor kesehatan dan kebersihan pada hunian micro living ide kreatif rumah kecil tidak boleh diabaikan. Karena ruangannya terbatas, maka penumpukan sampah sedikit saja akan sangat mengganggu. Perlu ditempatkan beberapa titik peletakan tempat sampah yang strategis, yang mudah dijangkau dan tertutup, terutama pada bagian dapur yang biasanya menghasilkan limbah basah yang berbau tidak sedap.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Pengorganisasian peletakan barang juga sangat diperlukan untuk tempat yang sanagat terbatas. Barang-barang yang sudah tidak diperlukan atau jarang dipakai, sebaiknya disumbangkan atau dibuang jika sudah tidak layak. Hal ini akan menjaga kerapian dan kebersihan hunian dalam rumah kecil.

  1. Faktor keselamatan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Pada ide kreatif rumah kecil, furniture yang digunakan harus didesain sedemikian rupa agar selain compact dan multifungsi, desainnya pun harus aman, karena ada beberapa kemungkinan komposisi ruang yang membuat jarak antar furnitur sangat terbatas.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Jangan sampai furniture tersebut melukai penghuni dewasa maupun anak-anak.

 

  1. Faktor keamanan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Faktor keamanan di ide kreatif rumah kecil maksudnya aman adalah mengurangi resiko kebakaran, misalnya dari kompor di dapur yang jaraknya dekat dengan ruangan lain dan furniture lain.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Faktor ini dapat dibantu dengan pemasangan springkler dan pengadaan alat pemadam kebakaran di dalam rumah. Penempatannya di desain sedemikian rupa agar mudah dijangkau namun tidak mengganggu furniture lain.

  1. Faktor kenyamanan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Faktor kenyamanan sangat diutamakan dalam konsep micro living, ide kreatif rumah kecil, pemanfaatan ruang terbatas dengan kreativitas serta inovasi desain yang luar biasa ini. Ruang yang terbatas bukan alasan untuk mengorbankan kenyamanan. Peran konsultan desain arsitektur interior di sini sangat besar untuk mewujudkan ruangan yang berfungsi baik dan nyaman bagi penghuninya.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Anda akan lihat pada contoh-contoh gambar, desain maupun video ide kreatif rumah kecil kami, bagaimana penerapan konsep micro living terlihat sangat nyaman dan anda dapat membayangkan diri anda sendiri bersama keluarga anda hidup dan tinggal sehari-hari dalam rumah kecil tersebut dengan nyaman.

 

  1. Faktor adat, kebiasaan dan budaya pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Harus diingat pula bahwa setiap daerah memiliki adat, kebiasaan dan budaya yang berbeda pula. Hal inilah yang akan membedakan penerapan tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil di Indonesia, penerapan micro living ide kreatif rumah kecil di Amerika, penerapan  micro living ide kreatif rumah kecil di Jepang dan di masing-masing Negara maupun wilayah lainnya akan berbeda satu sama lain.

Misalnya saja, tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil di Jepang akan lebih high tech dan futuristik. Berbeda dengan penerapan micro living ide kreatif rumah kecil di Indonesia. Sebisa mungkin konsep micro living di Indonesia didesain dan dikemas sedemikian rupa agar harganya terjangkau, lebih sederhana, mudah diaplikasikan, dan mudah didapatkan.

micro-living-ide-kreatif-rumah-kecil

Lebih jauh lagi, budaya masyarakat Indonesia yang memiliki keluarga cukup besar, anak-anak yang tinggal dengan orang tua hingga menikah bahkan sampai berkeluarga, acara-acara keluarga yang mengundang saudara dan tetangga ke rumah hingga menjadi tempat menginap saudara dan lain sebagainya. Konsep micro living di Indonesia harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia sesuai dengan budaya dan kebiasaannya tersebut.

7 Faktor Pertimbangan lain yang penting untuk diterapkan pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, yaitu:

  1. Faktor Pengudaraan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Rumah kecil pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, bukan berarti harus pengap dan membuat sesak nafas penggunanya. Faktor pengudaraan merupakan salah satu faktor terpenting yang di desain dan dipikirkan dengan matang.

7 Faktor Pertimbangan lain yang penting untuk diterapkan pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, yaitu:

  1. Faktor Pengudaraan pada tren konsep micro living, ide kreatif rumah kecil

Rumah kecil pada konsep micro living ide kreatif rumah kecil, bukan berarti harus pengap dan membuat sesak nafas penggunanya. Faktor pengudaraan merupakan salah satu faktor terpenting yang di desain dan dipikirkan dengan matang.

Video Desain Interior Ruang Kantor Minimalis untuk Ruang Kecil dengan Inspirasi Micro Living oleh Konsultan Arsitektur Interior

Ada beberapa tips inspirasi micro living untuk diterapkan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil ini:

  1. Tempat penyimpanan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Tempat penyimpanan sangat penting bagi desain interior ruang kantor minimalis pada ruang yang terbatas. Karena pada setiap kantor, banyak sekali dokumen, peralatan kerja hingga barang-barang yang memerlukan tempat penyimpanan, baik yang tertutup maupun terbuka.

Tempat penyimpanan ini dapat berupa lemari, rak terbuka maupun laci-laci. Setiap sudut ruangan dapat dibuatkan lemari penyimpanan yang disesuaikan dengan bentuk ruangnya. Seorang konsultan arsitektur interior harus mendesain meja kerja yang mampu mengakomodir segala kebutuhan dalam bekerja.

Misalnya permukaan meja yang leluasa untuk berkerja, laci-laci  penyimpanan sesuai kebutuhan, rak penyimpanan yang dimaksimalkan hingga plafon atas ruangan, kesemuanya termasuk mempertimbangkan kualitas materialnya, sehingga cukup awet untuk digunakan dalam beberapa tahun.

Untuk sentuhannya, kita dapat mengambil suatu tema yang unit untuk memperkuat desain kantor minimalis ini.

  1. Penataan furniture pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Penataan denah furniture ruangan kantor adalah salah satu kunci paling penting dari desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Hal ini terutama terletak pada penataan furniture yang harus mampu membuat alur yang nyaman dalam aktifitas bekerja dan berkreasi.

Penerangan yang cukup untuk bekerja, pengudaraan yang nyaman yang tidak terhalang oleh peletakan furniture dalam ruangan. Peletakan monitor computer yang tidak menyilaukan.

Beberapa titik mekanikal elektrikal, misalnya stop kontak yang memudahkan untuk bekerja dan meletakkan peralatan kerja yang menunjang pekerjaan. Kursi kerja yang nyaman, yang diletakkan sedemikian rupa sehingga memudahkan aktifitas bekerja dan bergerak.

Berikan focus desain sebagai obyek pengelihatan yang menarik yang memanjakan mata bagi karyawan dan tamu yang datang.

  1. Penambahan tempat penyimpanan pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Hampir setiap kantor memerlukan tempat penyimpanan yang lebih. Terlebih lagi untuk desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Diperlukan solusi yang smart untuk memaksimalkan setiap centimeter pada ruangan yang ada.

Misalnya menggunakan bangku kecil yang bagian dalamnya ada tempat penyimpanannya, meja tamu yang bagian bawahnya dimaksimalkan untuk penyimpanan, tempat penyimpanan di sekeliling pintu atau bahkan mendesain background yang sebenarnya adalah lemari build in yang tingginya hingga ke plafon.

Manfaatkan desk organizer dan sejenisnya untuk merapikan alat-alat tulis kantor, dokumen, surat menyurat dan sebagainya.

  1. Pemilihan furniture yang tepat pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Pemilihan furniture juga tak kalah penting dalam desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas. Sebaiknya sebagian besar furniture memang dibuat khusus agar sesuai dengan kondisi dan situasi keterbatan ruang yang ada.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk kita membeli furniture jadi yang sesuai dengan kondisi ruang yang ada.  Misalnya kita ingin membeli meja kerja, maka pilihlah yang ukurannya sesuai, memiliki banyak penyimpanan dalam satu tempat, terlihat elegan dan professional, memiliki dua sisi sehingga dapat juga digunakan untuk meeting.

  1. Dekorasi ruangan yang tepat pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang kecil

Dekorasi ruangan diperlukan untuk menciptakan suasana ruang yang menyenangkan, enak dan nyaman untuk bekerja. Ruangan yang fungsional bukan berarti tidak bisa didesain menjadi menarik dan menginspirasi.

Pilihakan suatu tema yang dapat memotivasi pekerjaan anda, merepresentasikan bidang usaha anda dan elegan untuk menerima klien bisnis anda.

Maksimalkan aksesoris ruangan yang juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan dan aksen menarik pada desain interior ruang kantor minimalis untuk ruang terbatas milik anda

Baca juga:

Video micro living untuk desain rumah, apartemen dan kantor minimalis

%d bloggers like this: