was successfully added to your cart.

Trend Design Arsitektur dan Interior Rumah Untuk Tahun ini

Oleh ArsitekInterior.com

Tren Desain Rumah pada 2014 ini akan dipengaruhi oleh beberapa aspek yang mendasar dari pergeseran gaya hidup si pemilik rumah itu sendiri. Gaya hidup di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Balikpapan, Makasar dan Manado juga akan berpengaruh pada desain arsitektur dan interior. Walau secara detail akan berbeda-beda namun secara umum pergereseran tersebut akan dipengaruhi oleh beberapa hal seperti :

1 . Ketenangan atau Tranquility

Pemilik rumah lebih melihat rumah mereka sebagai tempat untuk menjauh dari semua itu dan bersantai, terutama di kamar tertentu terutama kamar mandi . Pada tahun 2014, kita cenderung melihat kamar mandi yang besar, bak mandi lapang dan desain yang tenang menjadi tren besar bagi pemilik rumah .

2 . Fungsi Yang Fleksibel

Di masa lalu dapur sering dibangun di belakang rumah , yang melekat ke garasi , dan jauh dari daerah lalu lintas tinggi , tapi tradisi itu berubah . Pada tahun 2014 kita akan melihat dapur sebagai titik fokus dari rumah , sering ditempatkan di pusat dari rencana lantai terbuka , terutama karena pemilik rumah mulai menggunakan ruang dapur mereka sebagai ruang serbaguna , dengan memiliki dapur berpusat dan terbuka , orang tua dapat membantu anak-anak mengerjakan PR , berbicara atau membayar tagihan sambil membuat makanan .

3 . Desain Modern Natural Bersahaja

Sementara desain modern akan terus berkembang pada tahun 2014, namun akan sedikit berpengaruh ke gaya rumah tradisional /natural. Pemilihan material yang bersahaja yang akan lebih banyak menarik orang, material berkelas namun tidak terkesan angkuh. Material tersebut seperti penggunaan batu bata asap, pintu besar dengan material kayu tanpa finish, dan lain sebagainya. Style tersebut nantinya akan terlebur dengan detail dari pemilik rumah berdasarkan style-nya .

4 . Rumah Hemat Energi

Penggunaan energy yang hemat akan selalu menjadi trends di beberapa tahun kedepan, ini menuntut kompromi antara arsitek dan sang pemilik rumah untuk menciptakan desain yg hemat energy, sebagai contoh desain atapnya dapat memanfaatkan tenaga angin atau bisa memiliki jendela besar yang dipasang untuk memasukkan sinar matahari yang memanaskan rumah . Sebuah desain pasif rumah dapat memangkas konsumsi energi hingga 90 persen (menurut Passive House Institute U.S).

5 . Desain Fleksibel Yang dapat di Modifikasi

Dengan makin tingginya harga property di kota-kota besar membuat desain rumah tak hanya digunakan oleh 1 generasi, sejak awal desain harus dapat mempertimbangkan desain yang dapat dimodifikasi. Ini bisa terjadi pada desain kamar tidur, kamar yang fleksibel yang dirancang untuk memberikan lebih banyak privasi untuk keluarga yang lebih besar dan biasanya mencakup ruang terpisah seperti area membaca atau belajar dari area kamar tidur utama. Apabila diinginkan desain yang fleksibel itu juga dapat membuat 1 rumah berkembang menjadi 2 rumah apabila diinginkan nantinya,

6. Trend Warna 2014

Penggunaan warna pada tahun 2014 ini akan tetap mengacu pada warna modern dan lembut untuk mencapai kenyamanan sebuah rumah di tahun 2014. Warna-warna dengan spectrum tinggi akan tetap terlihat pada bagian-bagian tertentu dirumah walau tidak terlalu dominan. Seperti apa warna-warna tersebut nanti akan kami bahas tersendiri dalam posting berikutnya.

7. Konsep Rumah Taman

Di kota besar seperti Jakarta untuk beberapa rumah yang didesain baru (tanah kosong) akan banyak menggunakan konsep taman. Konsep ini banyak dipengaruhi oleh kebijakan PEMDA Jakarta untuk memperluas area tanah resapan. Dari beberapa project yang masuk ke arsitekinterior.com pada tahun lalu sudah terlihat semakin kecil area yang boleh dibangun dalam sebuah tanah, atau sering disebut KDB (Koefisien Dasar Bangunan), namun peraturan tersebut biasanya diiringi oleh makin tinggi nilai KLB (Koefisien Lantai Bangunan) atau jumlah total luas bangunan, atau mudahnya ketinggian bangunan dinaikkan seiring dengan penurunan nilai KDB. Konsep Desain Taman ini akan menjadikan rumah menjadi sehat karena bukaan pencahayaan dan penghawaan akan jauh lebih berkualitas dan hemat energi.

Itulah 7 hal yang akan diperkirakan menjadi tren ditahun ini, ada baiknya anda tahu sebelum anda membangun rumah atau mendesain rumah anda sendiri ataupun memakai jasa arsitek ataupun jasa interior. Atau apabila anda adalah developer bisa menjadi info properti yang menarik untuk dijadikan investasi dan berguna untuk klien atau calon client anda.

Semoga menjadi inspirasi desain rumah anda.

 

(arsitekinterior.com team)

%d bloggers like this: