Desain furniture interior rumah dan interior kantor di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, Makasar, Bandung dan lain-lain mempunyai peranan yang penting dalam interior. Karena selain fungsi penggunaan dari furniture tersebut, diperlukan pula sisi representatif dari suatu ruangan interior. Sebuah karya arsitektur dan interior merupakan satu kesatuan dalam menciptakan sebuah karya desain yang baik. Sebaiknya antara karya tersebut mempunyai ‘jiwa’ yang sama, agar terlihat kesatuannya.
Misalnya apabila apabila gaya arsitektur menggunakan style modern minimalis, gaya interiornya juga menggunakan gaya modern minimalis. Ini berlaku juga pada gaya desain interior klasik, gaya desain interior mediterania, gaya desain interior kolonial, gaya desain interior art deco, gaya desain interior art nouveau, gaya desain interior chinese, gaya desain interior french, gaya desain interior gothic, gaya desain interior industrial, gaya desain interior jepang, gaya desain interior medieval, gaya desain interior rustic, gaya desain interior scandinavian, gaya desain interior spanish, gaya desain interior victorian, gaya desain interior zen dan masih banyak gaya-gaya internasional lainnya.
Sedang untuk style interior tradisional dari indonesia pun tak kalah menariknya, seperti : gaya desain interior jawa, gaya desain interior bali, gaya desain interior sumatera, gaya desain interior kalimantan, gaya desain interior sulawesi, gaya desain interior irian, gaya desain interior lombok, dan lain-lain.
Ragam Desain Furniture Rumah
Dalam menciptakan jiwa dalam karya interior tak terlepas dari desain furniturenya, misal dalam disain sofa furnitur interior rumah ada beberapa istilah, seperti:
desain sofa single seat atau sofa 1 seater, desain sofa multiple seat atau 2 3 seater. Kemudian untuk jenis desain tempat duduk dengan kapasitas lebih dari 1 orang (multiple seat) meliputi: desain bench atau desain kursi panjang, Couch, Divan, dan Love Seat.
Untuk desain ranjang atau desain tempat tidur terdiri dari beragam jenis seperti: desain tempat tidur, desain tempat tidur tingkat atau bunk bed, desain tempat tidur tirai atau canopy bed, murphy bed design atau desain tempat tidur lipat dinding, dan desain sofa bed.
Untuk furnitur meja terdapat jenis desain meja samping atau side table, disain meja makan atau dinning table, desain meja kerja dirumah, desain meja laptop komputer, desain meja rias, desain meja nakas atau desain meja samping, desain meja makan atau dinning table design dan desain meja konsul atau console table design.
Untuk furnitur kursi terdapat desain-desain seperti: desain kursi santai atau coffee design table, desain kursi makan, desain kursi bar atau bar stool.
Untuk lemari penyimpan (storage) terdapat desain-desain seperti: desain lemari baju atau wardrobe, desain lemari dapur atau pantry cabinet design, desain lemari buku, desain credenza.
Ragam Desain Furniture Kantor
Untuk Desain furniture office ada beberapa jenis furniture khusus yang perlu kita desain, antara lain :
Desain meja meeting, desain meja kerja direktur, desain meja kerja manager, desain meja kerja general manager, desain meja kerja CEO, desain meja reception, desain meja pantry dan desain meja kerja bersama atau dikenal dengan nama workstation.
Workstation yang baik adalah yang dapat menyesuaikan dengan penggunanya seperti apakah harus mempunyai storage yang cukup besar, atau apakah menggunakan keyboard tray untuk komputer. Workstation mempunyai beragam macam material seperti fabric atau kain, leather, kaca, hingga metal. Ada baiknya desain workstation atau furniture lainnya dalam desain kantor didesain atau di pilih dengan langgam yang sama sehingga interior kantor dapat lebih selaras dan mempunyai satu kesatuan yang baik sesuai dengan konsep dari jasa interior kantor yang anda gunakan.
Dalam desain furniture interior rumah dan interior kantor di kota kota besar biasanya terdapat toko furniture, anda dapat memilih furniture yang anda inginkan yang sesuai dengan tema atau konsep yang anda inginkan. Konsep ini penting anda tentukan di awal, agar tercipta keharmonisan dalam interior rumah atau kantor anda. Setelah anda tentukan konsep dasarnya baru anda terapkan dalam desain runag lain misalnya : desain interior ruang tamu, desain interior ruang keluarga, desain interior kamar tidur utama, desain interior rumah mewah, desain interior kamar tidur ukuran 3×3, desain interior apartemen, atau  bahkan dalam desain interior rumah minimalis type 36 sekalipun.
Untuk desain kantor anda dapat terapkan dalam desain interior reception, desain interior ruang meeting, desain interior ruang director, desain interior general manager, desain interior area staf, desain interior ruang komisaris, desain interior ruang president director, dan lain sebagainya. Atau kalau anda ragu coba gunakan jasa desain interior untuk berdiskusi di sekitar rumah anda, atau bisa melalui jasa desain interior online.
Kami di arsitekinterior.com dalam mendesain selalu berusaha menciptakan karya yang bukan sekedar memiliki jiwa, tetapi juga mempunyai karakter. Karakter tersebut diwujudkan menyeluruh pada karakter exterior bangunan dan juga karakter dalam disain interior. Karakter ini kami disesuikan dengan masing-masing klien, baik dalam hal kebutuhan aktivitas, sisi representatif dan keunikannya. Maka setiap project akan selalu menjadi spesial dan unik, karena pada dasarnya kebutuhan setiap klien akan berbeda satu sama lain.
Karakter dalam perencanaan interior tersebut kami wujudkan dalam beberapa hal mulai dari penentuan konsep interior, pembuatan layout atau denah interior, 3d perspektif, penentuan pilihan material, dan termasuk desain furniture yang akan menyempurnakan desain secara keseluruhan.
Desain furniture
Berikut ini beberapa desain furniture interior rumah dan interior kantor di kota kota besar yang pernah kami desain khusus untuk beberapa proyek interior kantor   interior desain rumah. Semoga bermanfaat untuk anda semua.
Salam,
Team ARSITEKINTERIOR.COM